Home > Uncategorized > Linguistik

Linguistik

Mengapa belajar bahasa? Mengapa linguistik? Linguistik yang mana?

Bahasa -dalam bentuk apapun -menjadi kebutuhan setiap manusia. Ketika suatu hal menjadi kebutuhan, perlukah bagi kita untuk memberikan kajian? Tentu iya, karena salah satu makna seseorang dinilai dari bagaimana dia menggunakan bahasa dalam interaksi dengan manusia lainnya. Hal ini senada dengan Chomsky yang menyatakan bahwa “Language is the core of our being”. Bahkan hubungan kita dengan Tuhan juga bisa diukur dari seberapa banyak untaian pesan dari doa, harapan, kekaguman, atau keluh kesah yang telah kita sampaikan pada-Nya. Dalam hal ini, untuk tujuan dan dengan cara apapun, bahasa benar-benar suatu berkah bagi kita.

Mari kita lihat bagaimana orang-orang besar seperti Chomsky tertarik memberikan kajian pada bahasa. Dikutip dari laman discovermagazine.com dalam tajuk wawancara “Discover Interview: The Radical Linguist Noam Chomsky” (29 November 2011), Chomksy memberikan jawaban atas beberapa hal, mulai dari bagaimana bahasa menjadikan manusia berbeda dengan makhluk lain, bila kekuatan bahasa muncul, latar belakang apa yang membuat Chomsky tertarik pada ilmu bahasa, sampai ulasan singkat mengenai teori Universal Grammar (teori ini dipakai salah satunya dalam menjelaskan pemerolehan bahasa) dan makna bahasa. Dari salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh reporter yakni What first sparked your interest in human language? . Chomsky menjawab bahwa Chomsky mulai tertarik pada ilmu bahasa ketika sang ayah mengajaknya membaca karya sastra modern bahasa Ibrani dan beberapa teks sastra yang lain. Pada saat itu, Chomsky mulai mengenal tata bahasa Ibrani yang mana kemudian Chomsky sadar bahwa mempelajari tata bahasa meliputi mempelajari pengaturan suara, penggunaan kala (tenses), pengaturan kata dan akhirnya bagaimana kata tersebut membentuk satu kesatuan utuh dalam kalimat.

Selain Noam Chomsky, pembesar ilmu bahasa lainnya adalah Geoffrey Leech yang mendapat banyak inspirasi dari J.R. Firth, profesor linguistik pertama di Inggris dan the father of linguistics di Inggris, dan dari Daniel Jones, profesor fonetik pertama di Inggris dan the father of British School in phonetics di Inggris.

Ulasan mengenai bagaimana Leech mulai menggeluti dunia bahasa, dilanjutkan besok ya. Terimakasih.

 

Categories: Uncategorized Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*